Bayi Asi Sering Bab

Wahai para Ibu dan Bapak yang gemar mengelus-ngelus pipi si Kecil, kamu pasti pernah mengalami si Kecil sering BAB ya? Jangan panik dulu deh. Sebenarnya, hal tersebut tidak selalu menjadi pertanda bahwa si Kecil sedang mengalami masalah kesehatan, lho.

Ternyata, BAB Berbusa itu Wajar, Lho!

Tahu nggak sih, ternyata BAB yang berbusa-busa ini masih masuk dalam batas wajar, kok! Jadi, mamak atau papak nggak perlu khawatir berlebihan kalau melihat si Kecil BAB-nya berbusa. Bayi yang masih diberikan asi saja, biasanya BAB-nya lebih cair atau encer dan berbusa-busa. Ini terjadi karena ASI masih mengandung banyak air ketimbang susu formula.

Nah, bagi si Kecil yang sudah mulai diberikan makanan pendamping atau MPASI, kondisi BAB-nya sendiri bisa berbeda-beda.
Ada bayi yang BAB-nya jadi lebih kental, sedikit lebih padat, dan bahkan tidak berbusa. Ada juga bayi yang BAB-nya lebih cair dan berbusa-busa. Jadi, tidak perlu khawatir dan menyalahkan makanan pendamping ya.

BACA JUGA   Bayi Zakat Fitrah

Gambar Bayi Sering BAB

Lalu, Apa Saja yang Menjadi Penyebab Si Kecil Sering BAB?

Ternyata, alasan bayi kamu sering BAB bisa disebabkan oleh banyak hal nih. Nah, Hipwee Parents udah tulis semua nih apa aja yang bisa bikin si Kecil sering buang air besar.

1. Asi

Bayi yang hanya mengonsumsi ASI biasanya akan lebih sering BAB karena ASI mengandung banyak air, jadi tinja cenderung lebih encer. Selain itu, ASI juga mengandung lactose yang sulit dicerna tubuh bayi yang masih belum sempurna, sehingga akhirnya akan keluar bersama kotoran.

2. Makanan

Pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI bisa menjadi penyebab si Kecil menjadi sering BAB. Pada saat itu tubuh si Kecil harus belajar memproses makanan yang berbeda dari ASI sehingga sistem pencernaan si Kecil menjadi lebih aktif dan sering buang air besar.

3. Infeksi virus atau bakteri

Jika si Kecil sedang mengalami infeksi virus atau bakteri, dia akan sering BAB. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi yang masih belum baik sehingga mudah terkena infeksi virus atau bakteri.

Gambar Bayi Sering BAB

Jenis-jenis Tinja Bayi

Tahu nggak, ternyata ada banyak jenis tinja bayi, lho. Yuk, simak apa saja jenis-jenis tinja bayi yang perlu kamu ketahui sebagai orangtua.

1. Tinja Kuning Kuning Tua atau Kuning Muda

Tinja jenis ini adalah tinja yang paling normal ditemukan pada bayi yang masih diberikan ASI. Saat baru lahir, tinja si Kecil akan berwarna hitam kehijauan, namun setelah 2-4 hari akan berubah menjadi kuning kehijauan dan kemudian menjadi kuning muda.

2. Tinja Hijau Gelap atau Hitam Gelap

Sastra bisa mewarnai imajinasi dengan warna hitam yang misterius dan merah yang berdarah, namun pada tinja bayi warnanya bisa lebih mengerikan lagi. Tinja hijau atau hitam yang gelap dapat menjadi tanda adanya perdarahan di saluran pencernaan atau bahkan karena bottlefeeding.

BACA JUGA   Bayi Zakat Fitrah Rumaysho

3. Tinja Berwarna Putih

Tinja berwarna putih mungkin tampak menakutkan untuk di lihat, sebab biasanya menjadi penanda adanya masalah di saluran empedu atau kantung empedu.

4. Tinja Berbusa

Bisa jadi tinja berbusa disebabkan oleh kondisi si kecil yang hanya terdiri dari ASI. Namun, pada beberapa kasus, tinja berbusa juga dikaitkan dengan intoleransi laktosa atau malabsorpsi.

Gambar Bayi Sering BAB

Bagaimana Cara Mengetahui Si Kecil Mengalami Dehidrasi?

Nah, agar kamu semakin yakin dan bisa cepat tanggap soal kesehatan si Kecil, Hipwee Parents kasih tahu nih ciri-ciri dehidrasi pada bayi. Gimana, enak nggak dikasih tahu tips-nya…

1. Suhu badan si Kecil tinggi

Bila si Kecil mengalami dehidrasi, tubuhnya akan mengejar ketahanan air dengan mengeluarkan panas dari pori-pori kulit. Akibatnya, tubuh si Kecil akan menjadi lebih hangat dari biasanya.

2. Bibir si Kecil kering dan lembab

Bibir yang kering dan pecah-pecah adalah ciri umum dari dehidrasi. Namun ketika si Kecil hanya berada dalam keadaan ringan, bibir bisa jadi lembab tapi terus-menerus berkeringat.

3. Kulit si Kecil tak kembali secepatnya saat ditekan

Bila kamu mencubit atau menekan kulit si Kecil lalu melepaskannya, yang terjadi mestinya kulit akan kembali seperti sedia kala dalam beberapa detik. Tapi kalau si Kecil dehidrasi, kulitnya akan bergerak lambat dan membutuhkan waktu lebih lama agar kembali seperti semula.

Gambar Bayi

Manfaat ASI sebagai Pilihan Terbaik untuk Si Kecil

Nah, selain merujuk pada jenis-jenis tinja bayi dan tanda-tanda dehidrasi pada bayi, Hipwee Parents akan membahas manfaat ASI sebagai pilihan yang paling tepat untuk si Kecil.

1. ASI bisa melindungi bayi dari penyakit

ASI mengandung banyak zat antibakteri dan antioksidan yang bisa melindungi tubuh bayi dari berbagai macam penyakit. Kandungan tersebut bisa meningkatkan kemampuan kekebalan tubuh bayi dan mengurangi resiko infeksi saluran pernapasan, kanker, dan alergi.

BACA JUGA   Bayi Rewel Saat Ibu Menstruasi

2. ASI bisa memberikan nutrisi penting untuk si Kecil

ASI mengandung nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh si Kecil. Seperti zat besi, kalsium, protein, lemak, karbohidrat dan vitamin D.

3. ASI Lebih Mudah Dicerna oleh Si Kecil

ASI lebih mudah dicerna oleh bayi sehingga berkuranglah kemungkinan terjadinya masalah pencernaan pada si Kecil.

Jadi, para orangtua jangan ragu dan selalu yakin pada diri sendiri untuk menyusui si Kecil demi kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Bisakah Bayi Serba-serbi yang Sering BAB?

Bayi yang sering BAB dianggap normal, namun jika sering disertai gejala-gejala seperti kulit terasa kering, demam, atau ada darah di tinja anak, segeralah bawa si Kecil ke dokter. Jangan menunda-nunda pemeriksaan, ya. Siapa lagi kalau bukan kamu yang paling sayang sama si Kecil.

Sekian serba-serbi tentang bayi yang sering BAB dari Hipwee Parents. Ingat, jangan panik kalau melihat si Kecil sering BAB ya. Pantau dan terus perhatikan kesehatan si Kecil. Sehatkan Bayi, Sehatkan Negara! Salam sehat.